Skip to main content

Day 2 - Beautiful Village in The Cloud, Waerebo

Hi kawans!
Baru sambung nulis lagi ni, saya baru kesambet Jin iprit… Jin males hihihihi,
Weekend niih ;) Ga kerasa udah mau puasa ya, tinggal itungan jari.
Gimana persiapan puasanya? Smoga lancar semua ya ;)

Kemarin sempet keselang beberapa weekend, gimana kabar kalian libur Waisak kemaren?
Jadi long weekend Waisak kemaren, aku kedatengen temen2 yang pada ngetrip ke Jogja. Geng asik yang reonian abis trip mreka ke Ijen. Lucunya mereka bikin nama geng gagal (sekarang udah di update jadi geng Kalibiru Syahdu :D) soalnya mereka pernah ngetrip ke Ijen dan gagal liat blue fire *hiks…., na kali ini mereka pada ketemuan lagi buat explore Jogja.

Na.. salah satunya ada si Barney, si purple dinosaur… eee bukan ding dia cocoknya jadi orange dinosaur hahaha…..
Jadi si Barney ini tu temen seru pas di trip Flores ini :D

Kudunya ni postingan udah dari kapan di publish, apalah daya… kadang mood saya ga mendukung wkwk #ngeles. Ujan panas ujan panas bikin meriang #makin ga sambung :D.
Dari postingan sebelumnya uda kesela banyak hal.
Ya udah ya, update ga jelasnya…. Sekarang balik ke cerita the amazing Waerebo Village ;)

Day 2, Waerebo
6.30 -7 am, 11 May 2015
Istirahat malam itu entah rasanya kurang apalagi kasus kurang tidur, badan campur2 rasanya. Tapi hari ini kita mau ngetrip ke Desa di tengah awan, Waerebo!!!!
Excited rasanya…, pagi itu waktu buka pintu udah disambut senyum ramah Jojo yang ngingetin kalo jam 7 mobil udah siap.
Kuliat Magda masih tidur lelap, dan dengan cepat kilat kulanjutkan siap2. Mandi dan packing kilat.

Ke Waerebo kita bakal menempuh perjalanan darat sekitar 6 jam dari bajo ke Denge, lanjut trekking sekitar 3-4 jam. Keril kami juga bakal dititip ke kantor Wanua (biro travel buat LOB kita), jadi trekking ntar ga bawa banyak barang.
Sedihnya ga bawa daypack *maklum traveler amatir begini ni, ada sling bag yang udah penuh ama kamera, jadilah saya ngebawa kresek buat bawa barang2 ke Waerebo. Kresek special dari si Barney, yang sampe akhir trip masi aman berjaya.

Setelah siap2 kilat kelar, akhirnya aku keluar ke ruang makan…. Anak2 udah pada ngumpul full team, dan kita makan kilat roti bakar yang disedian dari hotel.
Sembari menikmati roti ama teh panas pagi itu, kami nyetor biaya LOB ke pihak Wanua. Biaya LOB total 1,6 jt untuk trip Bajo-Lombok 4D3N kita kumpulin ke Wanua.
Setelah itu kita mulai perjalanan ke Waerebo, kita naik mobil Avanza sewaan beserta driver plus guide kita yang baik, Pak Iren.

7.45 – 2.30 pm, 11 May 2015
Karena ribet nyari ATM buat transfer (Beberapa temen yang ga bw cash buat bayar LOB), dan bermasalah cari ATM yang online akhirnya kita officially berangkat sekitaran jam 07.45. Sebenernya di sana banyak ATM kok, BRI, BNI, Mandiri ada semua cuman antreannya dahsyat buat ATM yang online.

Perjalanan darat 6 jam melewati jalur Trans-Flores, beeuuuh… jalannya ajib banget.. alus sih aspalnya, cuman berkelok kelok naik turun semacam cerita cinta manusia. Kalo udah jalan tipe begini, kita berteman baik banget ama Antimo, kapan aja dan di mana aja.

Na karena badan kurang fit akhirnya jackpotlah saya…  :’(, tapi setelah itu perjalanan jadi berasa ringan. Ngomong2 tentang jackpot, saya bukan tipe orang yang gampang jackpot sih… karena biasanya kalo di perjalanan tipikal Pelor. Tapi entah tu, lagi kurang fit.

Rombongan kami berhenti di salah satu tempat makan karena tadi pagi hanya sarapan roti tawar keronconganlah perut kami. Lupa judul tempat makannya apa, tapi emang banyak orang singgah makan di sana karena lokasinya emang di pinggir jalur Trans Flores ke arah Ruteng. Harga makanannya standar sih 25ribuan.

Setelah itu kita lanjut perjalanan dan memasuki jalan ke arah Dintor. Jalan ini kecil dan aspalnya tidak sehalus jalan Trans Flores. Waktu liat jalan ini agak kaget, karena kupikir searah saja, karena saking kecilnya. Tapi ternyata jalan ini dua jalur *nah lo! Mangkanya lewat jalan ini butuh keahlian khusus, kalo ada papasan ama mobil di arah lain ya kudu salah satu ngalah ngeberi jalan.  Hal yang bagus banget adalah bagusnya toleransi antar pemakai jalan, biar bisa pada jalan semua, gentianlah kasih jalan. Ga ragu2 Pak Iren mencet klakson ucapan terimakasih ke pengguna jalan lain.

Jalan kecil begini, papasan ama angkotnya sana yang pake truck gini. Saling kasih jalan aja, mundur dulu nyari jalan yang agak lebaran lalu saling senyum antar pengemudi.

Ada hal menarik dalam perjalanan ini, udah tau kan gimana ramahnya orang Flores? Yuupps.. mereka ramah sekali, senyum salam sapa dah.. buat siapa aja yang lewat jalan itu. Mereka hobi menyapa kita dan berdadah-dadah ria. Hangatnya keramahan mereka jadi salah satu kenyamanan dalam perjalanan ini.

Satu yang unik adalah anak-anak senang sekali memanggil kami dengan sebutan “Bule” padahal kami item2 ala pribumi gini. Usut punya usut, itu sebutan buat turis siapapun itu baik domestik ato yang bule beneran. Tapi itu bikin mikir, ya memang kebanyakan Bule sih yang traveling sampai ke area2 ini. Pak Iren juga bilang kalo turis lokal memang jumlahnya lebih sedikit dibanding Bule (sayang banget yah! Buat orang Indo ada baiknya kita ngenal explore alam kita sendiri lho). Baru akhir2 ini mulai rame anak2 muda Indo yang traveling ke sini.

Bagian yang nyesek adalah ketika kami melewati rombongan anak2 SD dan diteriaki “Bule minta uang”. Sedih rasanya mendengar itu…. Rasanya pikiran dan hati saya jadi ga sinkron ketika mendengar anak2 di daerah itu meminta-minta uang ke kami. Ada apa gerangan? Apa mereka sudah sering meminta ke orang/ turis yang lewat? Atau ini kesalahan orang yang lewat dengan sering memberi? Apa semua anak-anak di sana seperti itu?
Aaaah… saya biarin aja berbagai pikiran itu tetap menjadi asumsi, wong gak tau kondisi aslinya, jadi jangan menyimpulkan.

Lanjut ke cerita pemandangan, setelah berganti dari gunung2 lalu berubah menjadi pantai dan laut…. Awww excited sekali aku dengan perjalanan ini. Dari jalur perjalanan, kami bisa ngeliat Pulau Longos. Beberapa saat setelah itu tiba2 pemandangan berubah jadi sawah2, cantik deh!

Ini dicapture seadanya pakai HP, di seberang sana keliatan Pulau Longos. Hari ke 3 kita berenti bentar di sini buat foto2, so tunggu fotonya yah ;)

Sawah di mana2... dan kebetulan pas lagi panen.. cantik kan?

Finally setelah menempuh perjalanan panjang yang disuguhi indahnya pemandangan alam dan juga sedikit ekstra drama jackpot, sampailah kami di Desa Denge. Desa ini merupakan desa terakhir menuju Waerebo.

Di Denge, kami beristirahat di tempat Pak Blasius. Beliau mengelola penginapan dan juga sebagai penyedia informasi untuk tamu yang akan ke Waerebo. Pak Blasius ini guru di SDK Denge yang letaknya tidak jauh dari rumah beliau. Detil kontak HP beliau ada di foto bawah yah. Pak Blasius memberi informasi bahwa kita harus mulai trekking maksimal jam 3 sore ini, untuk alasan keamanan dan juga mengejar acara adat di Waerebo yang dilangsungkan jam 7 malam.
Ini penginapan tempat Pak Blasius sepertinya di depannya sedang persiapan membangun, tapi kemarin lupa nanya bagian apa yang akan dibangun.

Detil kontak dari Pak Blasius

Beliau menyarankan kami trekking dengan barang seminimal mungkin, barang yang tidak dipakai bisa dititipkan karena besok siang kami sudah kembali ke Bajo lagi. Setelah itu kami bersantap makan siang dengan hidangan Flores. Rasanya cuman enak enak dan enak #pasukan hobi makan :D.

Menu makan siang itu, nasi jagung, sayur daun ubi+kacang ijo plus mie rebus.

Ini sayurnya yang belum pernah kutemuin kombinasi unik daun ubi+kacang ijo+ santan :)

Tepat ketika kami bersiap2 untuk trekking ke Waerebo, ternyata hujan turun dengan derasnya. Hmm… campur2 rasanya saat itu, karena kita punya waktu yang mepet. Pak Blasius menyarankan kami untuk bermalam dan besok pagi baru naik ke Waerebo. Tetapi jadwal kami sudah ditata sedemikian rupa, jadi tidak bisa mundur. Syukurlaaah menjelang jam 3, hujan mereda walo masih menyisakan rintik2 hujan. Kami memulai trekking ditemani oleh Bang Marcel guide kami menuju Waerebo. Teringat doa bersama kami sebelum memulai perjalanan, ya Tuhan… lancarkanlah perjalanan ini…

3 pm – 7 pm, 11 May 2015
Perjalanan dimulai dengan jalan nanjak berbatu, gerimis menemani perjalanan kami. Perjalanan menuju pos 1 ini bener2 deh pergulatan batin banget buatku. Jalan nanjak dan hujan semakin deras, sedang kita juga harus mengejar acara adat jam 7. Uwaaa…. Kepala isinya pertanyaan retoris yang berenang2 di kepala. Jadilah sepanjang perjalanan naik kemarin, kami fokus ama jalanan, hujan dan isi kepala kami masing2.

Di tengah perjalanan kami berpapasan dg temen2 yang sedang turun, mereka kasih support ke kita biar semangat. Seneng denger support mereka tuh walo kenyataannya masih panjang perjalanannya. Finally, kami mencapai Pos 1 dengan waktu tempuh 1.5 jam.

Berhenti di Pos 1 kita ga bisa lama2 di sana, karena ujan makin deres. Upaya buat foto2 di sana juga ga maksimal :P, foto di bawah ini adalah foto ketika kami turun dari Waerebo di hari ke 3. Setelah pos 1, jalanan akan berubah menjadi jalan tanah dan pohon2 rimbun yang memayungi kami. Oiyaa plus ujan ya, jadi jalanan licin dan becek. Perjalanan ini pun saya ga banyak ngeliat pemandangan sekitar. Mata cuman fokus ngeliat jalan dan jangan sampe kepleset. Hawa dingin ujan dan panasnya badan karena aktivitas ngebikin kacamata jadi berembun. Hmm…. Ya beginilah nasib orang dengan keterbatasan penglihatan, akhirnya saya jalan ga pake kacamata.

Inilah Pos 1 dan kami baru sempat foto2 ketika perjalanan turun

Perjalanan didominasi tanjakan :P dan keheningan. Saya belom pernah naik gunung sodara2, jadi taulah nasib amatiran kayak aku inih :’(. Di Bne banyak jalan, kemana2 jalan kaki sih tapi kan jalannya rata, naik turun, naik bis ato jalan2 di mall. Lah ini jalannya nanjak semua, mana ada jalanan yang sampingnya langsung jurang, ada juga pohon tumbang yang licin buat ngelewatinnya. Untungnya kita abis makan hehehe jadi fokus dan bertenaga :D.

Setelah melewati perjalanan selama 1.5 jam, akhirnya sampailah kita ke Pos 2. Pos yang kata Bang Marcel bakal nyaut sinyal, kita bisa posting ato update sosmed. Udah semangat 45, ternyata nyaut sinyal tapi ga bisa internetan hehe, akhirnya kita puas2in foto di sana. Bagus tempatnya kalo engga mendung, tapi pas kami di sana kabut dan mendung membuat kita ga berlama-lama di sana.
Keliatan kan mendung dan kabutnya.... haha, kita hepi banget di Pos 2, soalnya tinggal bentar lagi sampe Waerebo :D

Ini foto dari kamera Mas Bani, di depan kita yang pake baju biru itu Bang Marcel, guide kita. Liat deh tampang kita.... hahaha :D Photo taken by Jojo
Ini foto kaga diedit jadi keliatan kan mendung ama kabutnya kayak apa.

Kita melanjutkan perjalanan ke Pos 3, gelap sudah turun… dan senter mulai dinyalakan. Hujan masih juga setia menemani. Ga usah ditanya ya, walo pakai rain coat tetap kami basah, basah ujan dan keringat.
Perjalanan kita tempuh selama 45 menit. Bener2 deh, perjalanan gelap tu nelangsa banget buatku, kita ber 7 jadi kepecah pasang2an krn ga semua bawa senter, dan saya jalan ga pake kacamata. Jalanan licin…. Hmmm saya bener2 amatiran!

Akhirnya kita sampai ke Rumah Kasih Ibu, jadi semacam pos gardu dimana kita harus mukul kentongan. Kentongan ini semacam kode pemberitahuan kalau ada tamu datang. Ga berapa lama setelah itu, kami turun menyusuri jalan setapak yang kanan kirinya dipenuhi kebun kopi, atau tanaman jeruk buah. Rasanya tenang sekali sudah sampai ke Waerebo ini. Thanks God!

Malam itu kami sampai langsung diarahkan ke Rumah Utama yang disebut Rumah Gendang, dimana kita istilahnya meminta ijin kepada tetua adat dan leluhur Waerebo. Upacara adat ini ternyata juga salah satu bentuk penghormatan kepada leluhur atau disebut Waelu'u untuk meminta perlindungan agar kami diberi keselamatan hingga nanti kami pulang.  Sebelum itu kami diingatkan oleh Bang Marcel kalo pada saat upacara adat itu kami dimohon untuk tidak mengambil gambar.

Kami didudukkan berjejer dengan alas pantat yang khas (saya suka sekali alas pantat mereka, semacam anyaman daun tanaman palem yang diisi kapas) dan berhadap2an dengan tetua adat di sana. Permintaan ijin dilakukan dengan bahasa daerah mereka. Kenapa dinamai rumah gendang? Ternyata karena di langit2 rumah ini ada disimpan gendang pusaka  dan beberapa gendang yang dipakai untuk upacara adat. Malam itu sangat berkesan, dimana kehangatan dari tetua Waerebo dan hangatnya udara di dalam rumah gendang seakan memeluk kami dan berkata selamat datang.

Ini kami setelah acara Waelu'u di Rumah Gendang, itu gendangnya kelihatan di belakang kami.

8 pm – 10 pm, 11 May 2015
Setelah acara adat, kami langsung di arahkan ke rumah yang khusus disediakan untuk tamu/ turis pendatang. Di dalam rumah ini kami langsung disambut keramahan teman2 traveler dari Jakarta. Untuk detailnya nanti sy cerita di postingan selanjutnya ;).

Malam itu kami beberes, mandi dan bersih2. Untuk toilet, rumah ini sudah dilengkapin toilet bersih di belakangnya. Nah… setelah ketemu lampu, mata ini terbelalak ternyata kaki kami berdarah2 krn tempelan Pacet. Kupikir karena aku pakai celana panjang jadi ya gak ketempelan, badalaaah ketika mandi keliatan semua deh… wahahaha

Jadi total2 ada 6 pacet gendut yang nempel di kakiku. Aceeeeem….., ya sudahlah itung2 donor darah. Plus 4 kali kepleset sampe ke pantat :D.
Yak... donor darah malam itu

Ga kerasa apa2 sih, cuman berdarah2 banyak karena ngelepas pacet gendutnya cuman pake disentil

At the end of the day…. All the struggles were nothing compared to this feeling! My gut told me this is the single best decision I’ve ever made to join Hasanta tour (LOL!).
It was worth it to travel here, to experience everything not only by reading, browsing it on the Internet or by simply watching this wonderful journey in TV.

Malem kami dijamu makanan syuper lezaaat, sayur ala Waerebo dan dinginnya malam benar2 kombinasi yang lekker. Setelah makan, kami mengobrol dengan teman2 traveler yang udah sibuk cekikikan menceritakan kisah2 seru mereka.
Setelah itu kami keluar menikmati indahnya bintang di luar sana.

Uda Irwan udah siap dengan peralatan lengkapnya mencapture indahnya milky way di Waerebo. Sedang kami seperti tersihir ama indahnya kerlap kerlip bintang.
Aaaaah begitu indah, begitu romantiiis titik!
Romantis banget titik! Photo by Irwan

Setelah itu kami akhiri malam itu dengan tidur nyenyak J. Tidur paling nyaman selama kami trip kemarin. Capeknya trekking, kenyangnya perut dan dinginnya Waerebo kombinasi yang ajib!

Nah postingan yang panjang kali lebar= luas ini spesial aku tujuin buat temen2 trip Waerebo Hasanta Tour hehehe....., yang pasti banyak cerita konyol yang lebih personal nanti di postingan Day 3 :D.

Hmm... aku juga ngerasa beruntung trip kemarin dijagain ama 6 lelaki gentleman! Maklum udah cewek sendiri, amatir pula belom pernah naik2 gunung dan banyak request kali ya, jadilah mereka bener2 considerate banget ama kekuranganku, ngejagain, ngebantu, nungguin dan sering berenti nungguin aku istirahat.
Thank you gentlemen!
Jatuh cinta dengan alam Flores.... Waerebo desa di tengah awan!

Pengeluaran Hari 2:
  • Sharecost ke Waerebo (7 orang) 650rb. Ini udah include sewa mobil PP (all in, driver dan bensin), guide menuju Waerebo, makan siang 2x di Pak Blasius, menginap semalam di rumah tamu Waerebo (325rb).

Total pengeluaran Hari 2: 650rb.