Skip to main content

Cerita kehamilan: Pencarian dokter SpOG pemeriksaan kehamilan

Hi everyone!
Smoga sehat semua yaaah...
Sesuai judul di atas, ini postingan tentang pencarian cinta eeh.... pencarian dokter Obsgyn selama perjalanan sebelum kehamilan sampai lahiran. Tapi beneran looh, berasa kayak cari pacar.. cocok2an laaah urusan pencarian dokter tu. Yang pertama, kita musti cocok ama RS tempat dia praktek selain juga dari pelayanan dokter tersebut.

Sebelum hamil, aku udah pernah periksa ke beberapa dokter SpOG karena keluhan2 terkait hormonal. Beberapa RS di Jakarta yang aku pernah konsul itu di RS Tambak, RS Evasari (waktu itu belum masuk grup Awal bros... yups udah lama banget), RS Bunda Menteng, Eka Hospital dan RS Siloam TB Simatupang. Pernah main ke KMC sih, tapi bukan buat periksa tapi cuman ikut sesi Hypnobirthing... suasananya enak, cuman mayan jauh dari rumah.
Wokaaay langsung aja yes.. aku mo kasi review singkat tentang pencarian dokter yang pernah kulalui. Review ni bersifat subjektif dari apa yang kurasa selama ngejalanin pencarian dokter yah..., at least bisa kasi gambaran ke temen2.

dr. Tagor Sidabutar, Sp.OG dan dr. Ika Sri Purnamaningsih (RSIA Tambak)
Waktu itu periksa ke dr Tagor ini karena hasil test TORCH-ku positif untuk Rubella, karena kenyamanan deket kantor akhirnya periksa ke RS Tambak. Periksa saat itu tahun 2016, dan periksa sendirian karena suami ga bisa ijin. Dokter Tagor orangnya straightforward.... ceplas ceplos.. dan langsung nanya, suaminya mana kok engga nganter? Hahahaha... itu pertanyaan langsung nancep banget... Akhirnya aku dikuliahi panjang lebar tentang pentingnya bawa suami pas periksa ke dokter. Pengobatan Rubella kujalani tuntas ama dr Tagor. Cuman untuk promil kayaknya akunya kurang cocok ama beliau. Akhirnya cari dokter yang lain untuk promil.

Kalo dr Ika aku periksa dadakan karena keluhan keputihan, dan beliau dokter perempuan yang available waktu itu. Ternyata setelah baca2 review di Internet, banyaak yang cocok ama dr Ika ini. Orangnya baik, komunikatif, nyamanlaaah soalnya selama ini baru kedua kali aku konsul ama SpOg perempuan dan dr Ika ini udah ngasih kenyamanan untuk periksaku saat itu. Cuman karena aku udah promil ama dr Irman ya aku cuman sekali periksa aja ama dr Ika ini.

Tentang RS Tambak dari beberapa kali periksa dan ikut kelas hamil di sini, so far si menyenangkan aja ya. RS ini juga punya harga test TORCH yang paling murah dari beberapa lab dan RS yang kusurvey. Kekurangannya lebih ke tempat parkir yang susah karena posisinya di pinggir jalan persis ya.. kalo suami si agak ribut tentang hal ini hahaha.

dr. Irman Christiono, Sp.OG (RS Siloam TB Simatupang)
Jadi setelah Rubellaku negatif, aku dan suami ga langsung promil. Kita lanjutin hidup kayak biasa...sibuk kerja, dines sana sini, main sana sini... dan Januari 2017 Ibu Mertua dipanggil Tuhan. Stress lah aku jadi perempuan di rumah sendiri, dan aku tidak bisa menggantikan seluruh servis yang ibu mertua lakuin ke keluarga. Adududuuuuh... stress itu walo ga keucap yah, tapi badan ga bisa dibohongin. Alhasil 4 bulan aku engga dapet mens. Waduh, saatnya balik lagi ke Sp.OG. Udah campur2 lah rasanya, aku serahin ke suami buat yang nyari RS ama dokter buat periksa. Sibuklah dia survey2 di internet sana sini, dan berakhir ke RS Siloam dengan dokter Irman buat tujuan kita periksa. Waktu itu mikir percaya aja deh ama pilihan suami.

Lanjutlah kita periksa dengan dr Irman... dan periksa waktu ngebenerin hormonalku ini pada akhirnya mengalir ke program hamil yang kita percayakan ke dr Irman buat ngebantu aku dan suami. Promil ama dr Irman itu ya....sabar dan pelan2..., ga ada yang keburu2. Kalo buatku waktu itu ya gemes.. gregetaan... pengen cepet tapi beliaunya mrogram sesuai dengan kondisi pasien. Promil alami yang diutamakan... ya wes karena suami udah suka ama dokter Irman ya kujalani aja sesuai prosesnya. Puji Tuhan 1 siklus menstruasi, kami diberi kepercayaan untuk menjadi calon orangtua.

Lanjutlah kami ANC rutin ke dr Irman, kenyamanan buat suami adalah praktek dokter di hari Sabtu dan tempat parkir yang engga susah. Biasanya kita jalan jam 8 ato stengah 9 buat daftar antrean (biasanya dapet nomer 1-3). Jajan roti ato sarapan di lantai 1, terus sibuk mainan hp sampai nanti jam praktek beliau jam 10 pagi. Kekurangannya ya kalo kita ga bisa dateng pagian... siap2 aja bakal antre berjam-jam... why soalnya kan dr ini all out banget kalo ama pasien... kalo 1 pasien yang banyak butuh pemeriksaan ngedetil dan suka banget nanya....45 menit waktu minimalnya yah, tinggal itung aja jumlah antrean kita. Hahahahahha...

Singkat cerita pada akhirnya kami malah memutuskan lairan pindah ke RS Evasari. Why? padahal aku cocok banget ama dr Irman. Orangnya baik, komunikatif, konsul itu minimal 45 menit per pasien.. ga keburu2, bisa nanya A sampe Z, USG juga detil apalagi kalo kita banyak nanya (hahahahha.....#ngakudosa), WA juga dibales walo kadang pertanyaanku suka gajebo. Ama beliau aku konsul masalah obsgyn dari sebelum promil dan hamil. Tapi baru diakhir mau lahiran kita baru tau kalo di RS Siloam itu tidak rooming in ama baby utk kelas lairan yang dibawah VIP. Sedang plafon lairan kita maaah nambah banyaak banget kalo upgrade ke VIP.... Tetoooot. Sedih lah mamak waktu tu cari-cari opsi A baru untuk lairan.

dr. Ridwan Mahmuddin, Sp. OG (RS Evasari Awal Bros)
Singkat cerita akhirnya kita pindah birthplan buat lairan di RS Evasari Awal Bros soalnya selain rooming in ama baby, juga dapet harga pameran (hahaha... lumayan laaah, walo dibayar asuransi cuman kita dapet upgrade kelas kamar, jadi lebih nyaman), selain itu juga banyak temen lairan di sana dan ada dokter rekomendasi. Aku sempet ANC 3x sebelum lairan dengan dr. Ridwan, orangnya baik, ramah... tapi pemeriksaannya cepet (ato mungkin krn hamil udah mepet lairan jadi yang diperiksa ga banyak, langsung fokus ke beberapa hal utama). Pemeriksaan yang biasanya 45 menit ama dr Irman, berubah jadi 15 menit aja ama dr Ridwan hahahaha.... Tapi yang patut disyukuri adalah dr Irman dan dr Ridwan adalah dokter yang kupercayakan kesehatan aku dan bayiku selama kehamilan. Mereka udah kasih servis yang bisa aku kasi 4 jempol (pinjem 2 jempol suamilaaah....).

Lairan dengan dr Ridwan ini lucu-lucu menggelikan sih, ya karena aku lairan induksi ya dijalanin aja sesuai dengan pilihan. Orang kondisiku sehat... dr bilang tingkat keberhasilannya 80-90% buat bisa ketemu baby dalam 12-24 jam setelah infus induksi masuk ke aliran darah. Tinggal gimana ngadepin sakitnya yang dibilang 3x lebih sakit dari induksi alami. Selama proses ANC dan lahiran, dokter Ridwan memposisikan diri lebih kayak temen jadi ngurangin jarak antara kita ama dokter yang ngebantu ngeluarin bayi dari rahim kita, juga buat dokter yang harus jait episiotomi pasiennya. Itulah yang bikin kita nyaman juga ama dr Ridwan ini.

Kekurangannya cuman 1 sih hahaha.... kalo jadwal praktek jam 13.00 semisal... dan kita dah dateng pagian... eh ternyata beliau datengnya jam 14.00. Tetoooot

Ada 2 dokter lagi yang aku pernah periksa, yaitu dr Wiku di Eka Hospital dan dr di RS Bunda Menteng (yang dudulnya aku lupa namanya, males cek di buku KIAnya Rena juga sih hahahaha).

dr. Wiku Andonotopo, SpOG (Eka Hospital)
Why kita periksa ke dr Wiku? Soalnya kita butuh penjelasan profesional tentang cek fetomaternal adek di dlm perut waktu itu. Kenapa butuh cek feto? Karena history sebelom ketawan hamilku tu bener2 aku bedagilan sana sini, kerja, dines sana sini, terbang sana sini, badan drop sampai keputihan parah, bahkan sempet juga santai2 minum alkohol (masih golongan A ini siih..). Gegara nemenin Uah ni... jadi keterusan juga waktu itu hahahha.

First impression ama dr Wiku ini adalah ceplas ceplos.. beliau Suroboyonan sekali. Jadi kebayang kan? Juga ngajakin kita lebih mikir lah... kalo ada pertanyaan ke beliau eeeh dibalik deh ditanyain ke kita. Sejauh apa kita tau tentang itu dan kenapa kita nanya hal itu. Kadang bikin grogi laaah jadinya, lah kok jadi kita yang musti mikir tentang pertanyaan kita sendiri. Itulaaah dokternya ngajakin kita lebih kritis.

Untuk pemeriksaannya, beliau oke banget, detil dan menyeluruh. Overall beliau bagus sebagai konsulen feto. Engga salah kita periksa ke beliau. Paketan pemeriksaannya di Eka Hospital udah include CD rekaman video USG dan banyak print out dari semua pemeriksaan organ vital baby. Top markotop laaah...

Eka hospital tu rumah sakit yang nyaman banget. Pas pulang kita cek harga lahirannya ama tagihan periksa fetomaternalnya langsung ketawa ketiwii cekikikan. Kita periksa feto engga dicover asuransi soalnya. Dan sampai nanya detil ke bagian kasirnya, tentang rincian biayanya kok keluar angka segitu. Owalaaah karena profesionalisme itu sebanding dengan biaya yang dibayar. Kita sih gapapa, asal cuman sekali aja periksa fetonya (hahahaha).

RS Bunda Menteng (maap lupa nama dr nya)
Nah yang ini review singkat aja ya.. jadi waktu hamil kok keluhan heartburn itu sering banget kualami. Akhirnya hari jumat mepet jumatan aku kabur periksa ke RS Bunda ini. Periksa singkat banget ga sampai 10 menit, dan dapetnya obat maag. Kaget ketika bayar hehehe... emang harganya beda ama RS lain... sedang waktu itu periksa cuman sebentar, print usg dan dapet obat maag. Rasanya emang kurang sreg untuk periksa-periksa ama dokter yang jaga kebetulan hari itu. Kebetulan aja aku dateng mepet jam jumatan juga... spertinya beliau keburu-buru. Itulah impresi awal yang bikin aku untuk enggan periksa ke dokter ini lagi.

Mungkin itu gambaran dari pencarian dokter untuk pemeriksaan obsgyn dari mulai pengobatan, promil, pemeriksaan kehamilan sampai membantu persalinan. Semoga bisa berguna buat yang nyari referensi dokter yah. Sekali lagi ini review bersifat subjektif yah...mungkin tiap orang punya penilaian yang berbeda. Just drop message aja kalo butuh info2 lebih lanjut yah.


Cheers,

Picha





Comments

Popular posts from this blog

Day 1 Waerebo – LOB Komodo Island Trip

Bukit Cinta, Labuan Bajo 2 am, 10 May 2015 Tik tok tik tok….. Bunyi jam dinding di ruang tengah Dini hari itu aku masih bergulat dengan packingan buat pagi nanti ke Labuan Bajo. Dari jaman dulu, kalo urusan packing saya tergolong makhluk last minute, bukan dari jauh2 hari sebelumnya. Eh malah santai2 sampai sehari sebelum keberangkatan. Sering lah jadi bulan-bulanan orang rumah kalo masalah packing2an. Sabtu malam ini aja masih sempet ngejam nonton Mocca di Purnabudaya sampe jam stengah 1 baru pulang. Mocca guys, sapa coba yang mau ngeliwatin??? Rugi amat kaaaan…. Dilanjutlah packing dini hari, pengen lightweight tapi banyak yang kudu dibawa buat persiapan trip Waerebo-LOB Komodo Island 7D6N. Ya sudahlah…. Keril 30 literan aja udah cukup, no camera bag… only one sling bag dengan bawa kamera lensa standar aja. Pagi itu saya kelar packing jam stengah 5 pagi, daaaan….. flight saya pagi jam 7.35 Satu kata….”Geblek!” ^_____^’ 10 am, 10 May 2015 Here I am…. W

About Letting Go

Dear life,  How are you?  Lama ga update... laama ga posting,  Berharap smua baik-baik saja. Maaf karena kesibukan jadi tdk lanjut memposting cerita jalan2 selanjutnya. Janji habis ni jika semesta mendukung akan kutuntaskan.  Posting kali ini adalah ttg letting go and move forward... It's all bout facing the reality Kalo bahasa simplenya adalah mengikhlaskan Gampang diucapkan tapi sangat sulit dilakukan... Bukan hanya ttg cinta, tapi tentang smuanya di hidup ini yang kita sayangi... bisa orang tua, pacar, pasangan, hobi, makanan, peralatan make up, uang, mimpi, ambisi dan banyak hal lainnya.... Hingga hari ini, hari kedelapan belas di tahun 2017..., telah banyak hal yang menuntutku untuk bisa mengikhlaskan. Hidup ini tidak sesimple yang kupikir, seakan jalan tidak akan semulus aspal hitam.  Source: google image Bener banget quote di atas.... karena at the end of the day, akan sangat menyakitkan dan ga hidup kita ga akan menjadi lebih baik tanpa m