Skip to main content

Prevalensi perokok tertinggi di Asia Tenggara, dapet ranking 1! Hey Indonesia......Bangga?

source: googleimage

At least 10 percent of the 1.25 billion adult smokers worldwide are from Southeast Asian countries, 30 percent of adults in the 10 ASEAN countries are “current smokers”. Smoking prevalence among males is highest in Indonesia at 67.4 percent and lowest in Singapore at 23.7 percent. Female smoking rate in the Philippines, Myanmar and Laos is more than five percent each (SEATCA report, 2012). 

Hallo Indonesia.... berprestasi banget nyabet ranking 1, miris banget waktu baca report dari SEATCA (Southeast Asia Tobacco Control Alliance) taun 2012. Indonesia satu-satunya negara di Asia tenggara bahkan di Asia, yang belum meratifikasi Framework Convention on Tobacco Control (FCTC) nya WHO.
FCTC ini merupakan konvensi internasional pertama tentang pengendalian tembakau, di launching taun 2005, dan sekarang sudah 168 negara ikut meratifikasi FCTC ini, bahkan Timor Leste negara muda di Asia pun udah meratifikasi. Indonesia??? Geleng kepala.
Padahal sudah jadi tugasnya pemerintah buat melindungi segenap rakyatnya. Aku ga mau panjang lebar komentar tentang efek negatif rokok bagi kesehatan, banyak akses buat tau detil efek negatif merokok.
Dan menurutku penduduk Indonesia sudah tau ttg dampak negatif merokok, tapi karena itu ga langsung kasih efek dalam jangka waktu yang singkat jadi ya terus aja ngrokoknya. Wong enak....

Dari browsing2 berita sekitar masalah ratifikasi ini, alasan utama kenapa pemerintah belum "berani bertindak". Ternyata beberapa kementerian dan organisasi menolak ratifikasi FCTC,  
Keberatan itu berasal dari Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, serta Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Adapun surat keberatan dari organisasi antara lain dari Pimpinan Pusat Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan Minuman, Aliansi Masyarakat Tembakau Indonesia, Forum Komunikasi Pekerja/Buruh Rokok Tembakau Indonesia, Asosiasi Petani Tembakau Indonesia, dan Asosiasi Petani Cengkeh Indonesia.
Dan beberapa alasan yang dicantumkan dalam surat itu kurang kuat untuk jadi justifikasi penolakan FCTC.
Pemerintah sebaiknya menggunakan fakta yang valid, dari hasil survey, report ato penelitian untuk menggodok dan sebagai pertimbangan masalah ini. Kalau kata beberapa pihak yang menolak FCTC ini, FCTC mengancam berjuta-juta pekerja di industri rokok. Hal kayak gini yang kudu dikaji detil, karena jumlah ini dibesar2kan, faktanya tidak sebesar itu. Detil masalah ini ada di buku "Bunga Rampai Fakta Tembakau dan Permasalahannya di Indonesia Tahun 2012" yang diterbitkan "Tobacco Control Support Center"-Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (TCSC-IAKMI).  

Tau ga sih, tanpa FCTC ato regulasi yang jelas.... Indonesia jadi negara sasaran empuk industri rokok. Mereka yang ada dibalik semua masalah ini. Perusahaan2 rokok berjaya banget di negri kita, dan mereka uda ngebangun image dengan CSR2nya, sponsorhip acara2 olah raga, band, acara seni dsb bahkan juga sponsor beasiswa pendidikan. Pengusaha-pengusaha rokok meraup keuntungan yang luar biasa dengan investasi di Indonesia. Regulasi yang kendor, harga bahan dasar yang murah, bayaran tenaga kerja yang murah dan konsumen utama produk ini semua ada di negara kita. Bener-bener surga buat pengusaha! Tapi coba kita liat gimana realita kondisi petani tembakau ataupun pekerja di industri rokok ya kondisinya seperti itu aja kan, berbeda sekali dengan pengusaha, penanam modal dan pekerja profesional di sektor ini yang dapat keuntungan berkali-kali lipat.

Aku memposisikan diri sebagai penduduk minoritas di Indonesia yang tidak merokok, dan aku juga punya hak asasi yang ingin kuperjuangin. Aku butuh masa depan untuk bangsaku.....
Udara bebas racun yang bisa ngebebasin anak cucu dari penyakit2 karena rokok. Kondisi Indonesia tanpa regulasi yang ketat tentang merokok bakal kasih masa depan suram buat anak cucu kita.

Masa kecilku kuhabiskan di dalam keluarga di mana Bapak merupakan perokok berat.
Berat lho... aku ga main-main dengan kata berat, soalnya dulu dinding rumah penuh dengan bungkus rokok. 
Dulu kami tinggal di rumah Nenek yang semi permanen, dindingnya dari kayu yang ada celah di permukaan dindingnya, dan bapak punya ide iseng menata bungkus rokok G****g G***m kretek bekas di dinding rumah. Dan dinding itu penuh bungkus rokok!!!! Bahkan ga selapis aja lho, ada bagian yang dua lapis plesteran bungkus rokok. Kayak wallpaper merah biru di sekeliling rumah, ujung ke ujung, atas ke bawah full. Gila kan!!!!

Perokok itu tau kalau merokok itu gak sehat, tapi peduli amat wong efek negatifnya gak langsung keliatan saat itu juga. Jadi waktu aku kecil karena sering liat Bapak ngerokok pasti bikin penasaran kan? Tapi bapak bilang ke anak2nya kalo kita gak boleh ngerokok, sedang bapak sendiri ngerokoknya kayak kereta api. 
Lalu apa yang terjadi? Entah lupa detilnya, tapi bapak waktu itu sakit dan konsul ke dokter. Dokter ngasih warning buat berhenti ngerokok kalau engga bakal nimbulin efek yang lebih buruk ke kesehatan bapak. 
Setelah ngerasain sendiri efek negatif merokok, akhirnya bapak bisa berhenti ngerokok. 
Perjuangan bapak biar bisa berhenti merokok bener2 berat, bangga aku.... ngelihat bapak berhasil ngalahin racun yang namanya rokok!!!!!!

Cerita lain itu tentang rokok, banyak sindiran negatif dari temen2 perokok ketika aku bilang ngerokok itu banyak negatifnya dari segi kesehatan. Mereka sebenernya udah tau itu dan ga peduli amat ama efeknya. Wong coba diliat sekarang, masih seger buger gini kok kata beberapa temen. Dan mereka justru mencibir...."sok sehat lo! dsb", kalo udah begitu aku milih diem aja. 
Nah ternyata di situ aku baru sadar kalo di Indonesia, non-perokok itu adalah kaum Minoritas!!!!

Jadi kapan pemerintah Indonesia bisa bertindak lebih tegas?
Hmm.... entahlah....., mosok harus nunggu korban yang lebih banyak buat bikin pemerintah kita jadi tegas???
Kita doakan yang terbaik buat negara kita

source: googleimage


Salam lesu, 

PA



Comments

Popular posts from this blog

Cerita kehamilan: Pencarian dokter SpOG pemeriksaan kehamilan

Hi everyone! Smoga sehat semua yaaah... Sesuai judul di atas, ini postingan tentang pencarian cinta eeh.... pencarian dokter Obsgyn selama perjalanan sebelum kehamilan sampai lahiran. Tapi beneran looh, berasa kayak cari pacar.. cocok2an laaah urusan pencarian dokter tu. Yang pertama, kita musti cocok ama RS tempat dia praktek selain juga dari pelayanan dokter tersebut. Sebelum hamil, aku udah pernah periksa ke beberapa dokter SpOG karena keluhan2 terkait hormonal. Beberapa RS di Jakarta yang aku pernah konsul itu di RS Tambak, RS Evasari (waktu itu belum masuk grup Awal bros... yups udah lama banget), RS Bunda Menteng, Eka Hospital dan RS Siloam TB Simatupang. Pernah main ke KMC sih, tapi bukan buat periksa tapi cuman ikut sesi Hypnobirthing... suasananya enak, cuman mayan jauh dari rumah. Wokaaay langsung aja yes.. aku mo kasi review singkat tentang pencarian dokter yang pernah kulalui. Review ni bersifat subjektif dari apa yang kurasa selama ngejalanin pencarian dokter yah...,

Day 1 Waerebo – LOB Komodo Island Trip

Bukit Cinta, Labuan Bajo 2 am, 10 May 2015 Tik tok tik tok….. Bunyi jam dinding di ruang tengah Dini hari itu aku masih bergulat dengan packingan buat pagi nanti ke Labuan Bajo. Dari jaman dulu, kalo urusan packing saya tergolong makhluk last minute, bukan dari jauh2 hari sebelumnya. Eh malah santai2 sampai sehari sebelum keberangkatan. Sering lah jadi bulan-bulanan orang rumah kalo masalah packing2an. Sabtu malam ini aja masih sempet ngejam nonton Mocca di Purnabudaya sampe jam stengah 1 baru pulang. Mocca guys, sapa coba yang mau ngeliwatin??? Rugi amat kaaaan…. Dilanjutlah packing dini hari, pengen lightweight tapi banyak yang kudu dibawa buat persiapan trip Waerebo-LOB Komodo Island 7D6N. Ya sudahlah…. Keril 30 literan aja udah cukup, no camera bag… only one sling bag dengan bawa kamera lensa standar aja. Pagi itu saya kelar packing jam stengah 5 pagi, daaaan….. flight saya pagi jam 7.35 Satu kata….”Geblek!” ^_____^’ 10 am, 10 May 2015 Here I am…. W

About Letting Go

Dear life,  How are you?  Lama ga update... laama ga posting,  Berharap smua baik-baik saja. Maaf karena kesibukan jadi tdk lanjut memposting cerita jalan2 selanjutnya. Janji habis ni jika semesta mendukung akan kutuntaskan.  Posting kali ini adalah ttg letting go and move forward... It's all bout facing the reality Kalo bahasa simplenya adalah mengikhlaskan Gampang diucapkan tapi sangat sulit dilakukan... Bukan hanya ttg cinta, tapi tentang smuanya di hidup ini yang kita sayangi... bisa orang tua, pacar, pasangan, hobi, makanan, peralatan make up, uang, mimpi, ambisi dan banyak hal lainnya.... Hingga hari ini, hari kedelapan belas di tahun 2017..., telah banyak hal yang menuntutku untuk bisa mengikhlaskan. Hidup ini tidak sesimple yang kupikir, seakan jalan tidak akan semulus aspal hitam.  Source: google image Bener banget quote di atas.... karena at the end of the day, akan sangat menyakitkan dan ga hidup kita ga akan menjadi lebih baik tanpa m